Senin, 24 Maret 2008

kelebihan dan kekurangan Flashdisk


USB FLASH DRIVE


  1. PENDAHULUAN

Dalam penggunaan PC (Personal Computer) sudah barang tentu kita melakukan proses penyimpan data. Media penyimpanan data sendiri sangatlah banyak, contohnya hardisk, memory, CD(CDR/CDRW) dan disket(floppy disk). Dan yang paling umum kita gunakan adalah disket karena selain bentuknya relatif kecil harganya juga terjangkau dan praktis untuk menyimpan data-data yang berukuran kecil. Tentu kita akan menemui hambatan saat harus menyimpan data yang berukuran cukup besar atau data yang berupa foto atau film, karena kapasitasnya yang hanya 1,44 MB. Karena itu orang mulai berpaling pada portable hard drive yang masih kurang praktis karena ukurannya yang besar. Lalu CD rewritable menjadi popular karena harganya terjangkau, tapi masih memiliki beberapa kelemahan karena kita harus memiliki CDR/RW dan softwarenya.

Sejalan dengan itus kedudukan floppy disk terancam tergeser karena kehadiran USB Flash Drive. Beberapa vendor besar seperti Dell Computer Corporation mulai memasarkan komputer terbaru mereka tanpa floppy disk, floppy disk hanya dijadikan sebagai pilihan saja. Bahkan beberapa Intel chipset tidak mendukung lagi floppy disk.

USB Flash Drive sama seperti floppy disk digunakan untuk menyimpan data tetapi USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibanding dengan floppy disk. Antara lain : memiliki kapasitas yang lebih besar (32 MB – 1 GB), kecepatan yang lebih tinggi, dan sangat praktis karena berukuran kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Bertolak dari hal tersebut penulis berharap dengan pembahasan cara kerja dan jenis-jenis Flash Disk mampu memberi pengetahuan kepada yang membacanya mengingat hal ini masih baru dan belum banyak informasi yang bisa didapatkan. Dan dengan keterbatasan ini penulis sadar akan segala kekurangan dalam makalah ini maka kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.


  1. CARA KERJA USB FLASH DISK

Cara penggunaan USB Flash Drive sangat mudah karena menggunakan USB sebagai interfacenya. Hanya cukup menancapkan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting (bersifat “plug and play1”) karena hampir semua sistem operasi terbaru2 dapat menginisialisasi driver. Hanya memang untuk Windows 98 masih perlu untuk menginstal driver yang biasanya sudah tersedia dalam paket USB Flash Drive. Berbeda dengan floppy disk maupun CDR/RW, USB Flash Drive memiliki keunggulan yaitu tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk memakainya. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW. USB Flash Drive juga tidak memerlukan tenaga baterai dan sangat ringan.

Data yang tersimpan dalam USB Flash Drive dapat bertahan hingga 10 tahun. Usia pakainya juga cukup lama karena kebanyakan pabriknya mengungkapkan : usia pakainya sekitar satu juta kali penghapusan. Sama artinya dengan penghapusan file-file dan menggantikannya dengan yang baru sampai sejuta kali.

Kecepatan transfer datanya tergantung dari interface USB yang digunakan. Jika menggunakan USB 1.1 mungkin masih memadai untuk USB Flash Drive yang berkapasitas kecil sampai sedang (di bawah 128 MB). Bandwidth-nya berkisar 12 Megabit/detik atau 1,5 MB/detik. Tapi jika kita menggunkan USB 2.0(USB High Speed) cocok untuk USB Flash Drive yang kapasitasnya diatas 256 MB. Karena kecepatan transfer data bisa mencapai 480 Megabit/detik (60 MB/detik). Walau begitu USB Flash Drive yang tercepat sampai saat ini hanya 8 MB/detik untuk pembacaan dan 7 MB/detik untuk penulisan, karena keterbatasan memori dan teknologi USB Flash Drive tersebut. Kinerja USB Flash Drive sendiri bisa didongkrak dengan transfer data pararel dengan lebih dari satu chip memori. Kompensasinya ukuran fisiknya akan menjadi lebih besar akibat penggunaan banyak chip memori.

Keunggulan lain dari USB Flash Disk adalah dapat berfungsi sebagai floppy disk (untuk menyimpan data-data dengan kapasitas kecil) dan sebagai HDD (untuk menyimpang data berkapasitas besar). Alat ini sudah dipartisi sedemikian rupa untuk meningkatkan keamanannya agar tidak mengganggu satu sama lain bila terjadi kerusakan pada salah satu partisi baik partisi floppy maupun partisi HDD.


  1. TIPE DAN JENIS-JENIS USB FLASH DISK

USB Flash Disk tersedia dalam berbagai warna dan kapasitas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas yang tersedia antara 32 MB – 2 GB, namun yang banyak digunakan dan tersedia di Indonesia saat ini masih berkisar antara 64 MB – 256 MB. Karena memang untuk Flash Disk yang berkapasitas lebih dari 256 MB masih relatif mahal dan langka.

Sama dengan floppy disk, USB Flash Drive dilengkapi dengan tombol write protect sehingga memungkinkan anda untuk melindungi data anda dari penghapusan secara tidak sengaja. Feature lain yang ditampilkan oleh USB Flash Disk ialah sistem sekuriti data antara lain dengan password, enkripsi hingga autorisasi sidik jari.

BERBAGAI JENIS USB FLASH DISK :

  1. EASYDISK ALUMINIUM 256 MB USB DRIVE

Pembuat : EasyDisk

Kapasitas : 256 MB

Tipe : USB 2

Model lain : tersedia warna lain

Kelebihan : write-protection switch

Kekurangan : mahal



B. AIPTEK: Pen Drive (USB Flash Hard Drive)

Yang dibutuhkan sistem:
- USB Interface
- Windows 98 / 98SE dengan menggunakan driver

(driver disk tersedia dlm paket)
- Windows Me/2000/XP , Linux2.40 and Mac OS9 dan sejenisnya

FITUR :

  • Hot Plug & Play

  • Tidak perlu driver untuk WINDOWS ME dan sejenisnya

  • Kecil , bisa ditaruh di saku.

  • Tidak memakai baterai

  • Kapasitas tersedia antara 16 MB – 128 MB

  • Portable
    Spesifikasi :

  • Dimensi (L/W/H): 77 x 25 x 9 mm

  • Berat: 20g

  • Kecepatan Akses : Read 750 kb/s (Maximum)

Write 450 kb/s (maximum)

- Storage Nand-gate flash memory


C. MCPRO USB 2.0 128 MB

Pembuat : MCPRO

Harga : sekitar Rp. 405 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : 256 MB

Kelebihan : switch lock dan indikator LED

Kekurangan : -


D. USB FLASH DRIVE

Pembuat : Belkin

Harga : sekitar Rp. 1 juta

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : sampai 512 MB

Kelebihan : fitur password

Kekurangan : mahal

E. POCKET FLASH DRIVE

Pembuat : Corega

Harga : sekitar Rp. 600 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : 32 MB dan 64 MB

Kelebihan : write-protection switch

Kekurangan : performanya dibawah rata-rata

F. GIZMO

Pembuat : Crucial Technology

Harga : sekitar Rp. 540 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : sampai 256 MB

Kelebihan : cukup murah

Kekurangan : tanpa bonus fitur

G. DISGO

Pembuat : Disgo

Harga : sekitar Rp. 860 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 2 Full Speed

Model lain : sampai 1 GB

Kelebihan : fitur password dan bonus software

Kekurangan : kecepatan kurang maksimal

H. USB CARD

Pembuat : Freecom

Harga : sekitar Rp. 1,2 juta

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 2

Model lain : sampai 512 MB

Kelebihan : fasilitas proteksi, kompresi dan e-mail

Kekurangan : mahal

I. POWERPLAY PRO

Pembuat : Smartdisk

Harga : sekitar Rp. 850 ribu

Kapasitas : 32 MB

Tipe : USB 1

Model lain : -

Kelebihan : sebagai laser pointer dan remote control

Kekurangan : persedian terbatas

J. MEGA MEMORY WATCH

Pembuat : Memix

Harga : sekitar Rp. 1 juta

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : 256 MB / USB 2

Kelebihan : sekaligus sebagai jam tangan

Kekurangan : mutu barangnya kurang bagus

K. MICRO VAULT

Pembuat : Sony

Harga : sekitar Rp. 989 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 2

Model lain : sampai 256 MB

Kelebihan : fasilitas pasword, kompresi dan docking station

Kekurangan : kecepatannya berkurang dalam USB 2

L. E.ZI DRIVE

Pembuat : Waltec

Harga : sekitar Rp. 550 ribu

Kapasitas : 128 MB

Tipe : USB 1

Model lain : sampai 1 GB

Kelebihan : fitur password dan harganya murah

Kekurangan : dukumentasi kurang lengkap

  1. KESIMPULAN

USB Drive merupakan alat yang portabel, bersifat plug-and-play, tanpa tenaga baterai dan sangat ringan sehingga dapat dilekatkan pada gantungan kunci. Untuk mengoperasikannya pada komputer, cukup menghubungkannya melalui port USB. Sesaat setelah terhubung, sistem operasi komputer akan mengenalinya sebagai removeable drive secara otomatis tanpa melalui proses rebooting.

Hingga saat ini, alat ini dapat diperoleh dengan kapasitas simpan mulai dari 8MB hingga 2GB dan berbagai sistem sekuriti data antara lain dengan password, enkripsi hingga autorisasi sidik jari. Dengan berbagai bentuk dan harga yang variatif3 juga.

Jika dilihat dari nilai Rupiahnya, mungkin USB Flash Disk terasa besar nilainya, akan tetapi jika kita melihat dari kapasitasnya dan dibandingkan dengan harga dari sejumlah disket (floppy disk) dengan kapasitas sama, USB Flash Disk akan terlihat lebih murah dan efisien. Selain itu kemudahan membawanya dan penggunaannya (plug and play) merupakan nilai tambah dari alat ini.

Keterangan


1 Cara penginisialisasi perangkat keras (seperti : USB Flash Disk, kabel data kamera digital, dll) tanpa menginstal driver dan tanpa rebooting.

2 Contohnya : Windows XP, ME, Linux 2.40 and Mac OS 9.

3 Mulai dari 47 – 75 US Dollar untuk kapasitas 128 MB dan 69 – 81 US Dollar untuk kapasitas 256 MB.

Tidak ada komentar: